Wednesday 11 March 2009

This is EREKSIOTAK SYNDICATE

Ada satu pendapat dari kalangan orang yang merasa dirinya sangat pandai, dan berpendidikan tinggi entah itu S1, S2, S3 atau bahkan a SU yang menyatakan bahwa tingkat keberhasilan, kesuksesan bahkan kekayaan seseorang ditentukan oleh tingkat pendidikan dan hasil dari buah pemikiran cerdas mereka. Sedangkan orang yang tidak punya embel-embel di depan maupun belakang namanya hanya bisa bermimpi dan gigit jari. Hhhmmmm

Saya sama sekali tidak menyangkal bahwa tingkat kecerdasan, pemikiran rasional, dan wawasan yang kita miliki akan sangat mempengaruhi sebuah masa depan. Tapi pernyataan tidak ada sampah sosial yang sanggup mewujudkan mimpinya inilah yang justru menunjukkan sempitnya wawasan orang-orang yang merasa cerdas tersebut. Tuhan memang menyukai orang yang cerdas, tapi juga membenci orang yang sombong akan kecerdasannya.

Dalam Ereksiotak Syndicate tidak ada satupun orang yang merasa cerdas dan pintar. Kami lebih bangga jika kami dianggap sebagai orang-orang yang berperilaku aneh, ideot, bodoh bahkan gila. Tapi dengan keanehan kami, ideotnya kami, kebodohan kami, dan kegilaan yang kami punya, kami bertekad sanggup membanggakan orang-orang disekitar kami. Ngga’ ada istilah teman maupun lawan bagi kami, yang ada hanyalah “SAUDARA & SAHABAT”. Kami buktikan itu di
ErSynd semuanya berkumpul berbaur jadi satu, tawa kami, tangis kami, otak kami, dan jiwa kami ada disini. ErSynd adalah tempat berteduh kami, tempat berkarya kami dan kami bangga akan keberadaannya.

Bangunan 2 lantai ini akan menjadi rumah kami, sampai kami tidak sanggup lagi membayar sewanya.

Tuesday 10 March 2009

We Are Ereksiotak Syndicate

“Aku memang anak malam …. Genjrang genjreng ga karuan…. dst”

Mungkin idiom dari sepenggal lagu grup band slank tersebut mampu mendeskripsikan seperti apa kami sebenernya. Begadang tiap malam, berpolusi moral ria (cerita mesum), gojek kere, ngobrol sampai ga’ inget waktu, gitaran diiringi nyanyian rock n roll fals ditemani anggur kolesom plus Jack Daniels dari sponsor di bilangan Jogja tengah, tepatnya utara amplaz.

Kadang jenuh juga dengan rutinitas seperti ini, tapi inilah dunia kami (tepatnya sebagian dari kami) OK ada satu contoh knapa ada Jack D disitu?, tapi jangan ditiru!! Banyak pemusik terkenal yang mengaku lebih mudah mendapatkan ide ataupun inspirasi pada saat setengah mabuk, walaupun ini contoh yang buruk tapi kami hanya ingin menunjukkan bahwa kondisi setengah mabuk dapat memasuki tingkat kesadaran, imajinasi tinggi yang bisa membuat orang sangat kreatif, tapi ini sifatnya hanya sementara karena alcohol nantinya justru akan merusak jaringan otak dan bagian organ tubuh lain yang akhirnya justru membuat seseorang tidak produktif lagi bahkan kematian bisa merenggutnya… oh fuckdamnshit.

Tapi sayangnya kami bukan dari kalangan artis ataupun seniman, kami hanya sekelompok manusia yang jenuh dengan pola pikir sebagian kaum muda Jogja saat ini, yang tiap malem hanya berkongkow ria, ngobrol ngalor ngidul ga’ karuan tanpa hasil yang positif, ngafé seperti itu mereka menyebutnya. Dari wacana diatas mungkin ada sebagian dari rekan2 berpendapat “Mana ada sih orang yang lagi dalam pengaruh alcohol dapat menghasilkan sesuatu yang positif?” Jawabnya “ada, dan kami-lah buktinya” alcohol bukanlah sesuatu yang wajib bagi kami, itu hanya semacam ubarampe bagi yang minat silahkan “angkat gelasnya” dan bagi yang berpantangan ga’ ada salahnya untuk bertukar pikiran dengan kami.

Dalam sebotol Jack D itu ada sekitar 750 ml bibit inspirasi, konyol memang!! Bukan Ereksiotak namanya klo ga' berpikiran konyol. Konyol tapi positif, boleeh laahh!! Buktinya kami punya karya, kami punya hasil dari begadang malem, kami punya pekerjaan, kami punya usaha dan yang pasti kami juga punya AGAMA dan IMAN!

Ereksiotak awalnya nama sebuah grup band ecek2 yang mengusung aliran rastavari gore sick metal yah semacam underground. Ereksiotak sendiri mempunyai arti “pemikir keras”, namun seiring dengan kegundahan hati yang amat sangat dalam dari beberapa personil akhirnya Ereksiotak sepakat untuk "mati suri" kurang lebih 3 tahunan. Sampai akhirnya pada bulan kedelapan tahun 2008 ada salah satu personil yang mendapatkan kebebasannya kembali “menghirup udara segar”, sambil bercerita pengalaman 3 tahunnya “di dalam” dengan mata berkaca-kaca beliau berkata “EREKSIOTAK GA’ BOLEH MATI, EREKSIOTAK HARUS TETAP ADA, DALAM EREKSIOTAK LAH KITA SALING KENAL DAN SELANJUTNYA KITA DAPAT MENEMUKAN MAKNA SEBUAH PERSAHABATAN” Bener juga sih ga’ ada salahnya kami bangkit kembali, ga’ ada salahnya kami mencoba berkreasi lagi. Kami masih punya banyak mimpi yang dulu belum terwujud.

Menurut kami ga ada mimpi yang sia-sia, jika kita mau berusaha Insya Allah pasti ada jalannya dan tentu saja “jalan” itu bisa datang disaat yang tidak kita duga sebelumnya. Kami bukanlah dari golongan orang cerdas apalagi berpendidikan tinggi, bukan pula dari keluarga yang berlimpah materi. Tapi kami adalah segerombolan “bangsat” yang hanya bermodalkan ide dari hasil “onani” pikiran kami, yang terus-terusan kami “kocok setiap harinya, serta kemauan dan kemampuan untuk berfikir rasional jauh kedepan.
Karena kami adalah… EREKSIOTAK SYNDICATE

Monday 9 March 2009

Bob Marley: Rebel Music!

"No woman no cry... no money nodong! " Itulah sepenggal syair dari Bob Marley yang sering menjadi bahan becandaan gaul atau pembelaan cowok-cowok jomblo akut yang berlagak cool. Bahkan sebuah iklan produk pembersih di televisi memelesetkannya menjadi "No kuman no cry." Sebuah kesalahkaprahan dalam menafsirkan syair tersebut tampaknya.

Demikian yang kerap terjadi dengan lagu-lagu Bob Marley yang berbahasa Inggris dalam gaya bahasa dan dialek Jamaica atau Rasta. Bagi yang baru mendengarnya, musik Reggae Bob sering dianggap musik kelas bawah yang tidak berkelas, layaknya musik dangdut di Indonesia. Bukan itu saja, pribadi Bob Marley sendiri sebagai pemusik sering disinisi sebagai "peracau" yang cuma bermimpi dibuai asap mariyuana.

Kenyataannya, saat ini tercatat lebih dari 300 juta keping rekaman Bob Marley digandakan di seluruh dunia, tidak termasuk versi bajakannya. Harian New York Times menilai Bob Marley sebagai musisi paling berpengaruh sepanjang paruh kedua abad ke-20. Lagunya One Love dipilih sebagai Anthem of Millennium oleh radio BBC Inggris. Majalah Time menobatkan Exodus sebagai Album Terbaik Abad ke-20. Dan catatan dari Presiden Amnesty International, Jack Keley, bahwa kemana pun ia pergi ke seluruh dunia, Bob Marley selalu menjadi simbol kebebasan! Dan lagu Get Up Stand Up, selolah identik dengan Amnesty International dan perjuangan kemanusiaan lainnya. Siapakah sesungguhnya Bob Marley?

Awalnya adalah Ska
Debut Bob dimulai bersamaan dengan demam musik anak-anak muda seusianya seiring dengan eforia kemerdekaan Jamaica, sebuah negara pulau di Laut Karibia (bagian tengah benua Amerika), dari penjajahan Inggris pada tahun 1962. Di tahun itu Bob pertama kali merekam suaranya dalam lagu berjudul Judge Not. Di tahun itu pula, Bob bertemu anak muda lain yang punya ambisi musik, yaitu Neville O"Riley Livingston (Bunny Wailer) dan Peter McIntosh (Peter Tosh) dan membentuk band bernama The Wailing Wailers. Single pertama The Wailing Wailers, Simmer Down (1963). Di masa-masa awal itu musik Bob bercorak Ska, sebuah ritme asli Jamaica yang saat itu menjadi musik dominan di Jamaica. Sejak pertama itu pula syair-syair Bob begitu penuh percaya diri dan berisi ungkapan-ungkapan yang mengkiritik penguasa kolonial dan akibat yang ditimbulkannya.

Di masa itu stasion radio masih berada dalam kungkungan pemerintahan kolonial sebelumnya sehingga hanya menyiarkan musik-musik barat dan tak ada tempat untuk musik lokal, apalagi yang bersyair penuh kritik. Karena itu rekaman album Bob hanya diperdengarkan secara keliling oleh penyedia jasa sound system, dari satu pesta ke pesta lain. Lewat suatu perdebatan yang rasional dan patriotik, akhirnya Bob berhasil "memaksa" seorang penyiar radio untuk mengudarakan lagu-lagunya.

Mulai saat itulah lagu-lagu Bob dikenal di seantero Jamaica dan spontan mendapat tempat di hati rakyat Jamaica. Lagu-lagu Bob selalu penuh dengan metafor-metafor khas Jamaica dan menjadi inspirasi serta menggedor kesadaran rakyat Jamaica untuk bangkit dari kemiskinan dan ketertindasan. Salah satunya adalah metafor-metafor yang ada dalam lagu I Shot The Sheriff.

Bob Marley dan Politik
Bob tak pernah berpolitik dan bukanlah seorang politisi yang kerap berorasi akan penindasan. Baginya yang terpenting adalah komitmennya pada kehidupan dan alam. Musik-musiknya menjadi semacam catatan akan penindasan yang dilihat dan dirasakannya. Saat Bob bekerja di Amerika Serikat sebagai pembersih lantai di Hotel Dupont atau pun bekerja shift malam di pabrik mobil Chrysler, ia mengalami apa yang disebut diskriminasi ras hingga puncaknya pada kerusuhan rasial dan pembantaian kaum negro oleh Ku Klux Klan. Hal itu membuat Bob shock dan memutuskan kembali ke Jamaica.

Di Jamaica, Bob mendalami spiritualitas Rastafari, di mana mengajarkan pembebasan diri dari ketertindasan tanpa melalui kekerasan. Lewat musiknyalah Bob menemukan senjatanya. Dengan corak baru dan petikan gitarnya yang khas musiknya menjadi semakin berkarakter, disebut Raggae. Karenanya musik Bob menjadi semacam surat kabar tentang kehidupan, khususnya berita dan pembelaan kaum yang ditindas. Musiknya menjadi bahasa universal tentang kemanusiaan yang kemudian juga menjadi inspirasi di belahan dunia lain. Adalah Island Record, Inggris yang berperan menyebarkan gagasan-gagasan Bob keluar Jamaica hingga menjadi demam di Eropa.

Perkembangan di Jamaica sendiri semakin tidak menentu. Saat itu Jamaica tengah dilanda kerusuhan akibat ketidakpuasan masyarakat karena janji-janji kehidupan yang lebih baik pasca kolonial tak cepat terwujud. Kerusuhan semakin meruncing pada perpecahan bangsa akibat perseteruan politik yang memanas antara PM Michael Manley yang berkiblat ke Kuba dan lawan politiknya Edward Seaga yang berkiblat ke AS.

Pada 1976, Bob diminta PM Michael Manley untuk menggelar konser "Smile Jamaica" untuk menghibur kembali rakyat Jamaica yang tengah susah. Namun konser itu kemudian dipolitisir, karena diselenggarakan menjelang pemilu. Bob akhirnya menjadi korban serbuan sekelompok orang bersenjata ke rumahnya, dua hari sebelum konser. Tangannya terserempet peluru, namun setelah perawatan di rumah sakit, Bob tetap melanjutkan tekadnya menggelar konser.

Baginya, hidupnya tidaklah penting, yang terpenting adalah kehidupan rakyat Jamaica. Bob tetap bernyanyi di bawah penjagaan aparat yang ketat. Sesudah konser, Bob mengasingkan diri ke London, selain untuk menenangkan diri, alasan keamanan juga menjadi pertimbangan mengingat CIA memandang musik Reggae semakin dianggap berbahaya sebagai penyulut kesadaran rakyat Jamaica dan gerakan anti Amerika.

Tokoh Humanis
Kecintaannya terhadap Jamaica tak bisa membuatnya berlama-lama betah di London. Baginya Jamaica adalah representasi orang kulit hitam di seluruh dunia serta representasi kemiskinan dan penindasan di seluruh dunia. Karenanya ia merasa harus selalu menjadi bagiannya untuk terus mewartakan serta memperjuangkannya ke seluruh dunia. Setelah empat belas bulan, 1978 Bob pulang ke Jamaica.

Melihat Jamaica yang semakin parah dengan aksi-aksi kekerasan, penculikan dan pembunuhan, Bob berinisiatif untuk menggelar konser gratis bagi proses rekonsiliasi bagi kelompok politik yang berseteru dan menyatukan kembali Jamaica. Konser diberi nama "One Love" Peace Concert. Berkat kharisma Bob Marley yang dicintai rakyat Jamaica, konser berlangsung aman dan kedua lawan politik yang berseteru bisa dihadirkan di atas panggung memenuhi permintaan Bob untuk berpelukan dan berdamai.

Selanjutnya Bob bertekad membangun Jamaica. Ia membangun perusahaan rekamannya sendiri, Gong Record, di rumahnya. Dari hasil penjualannya, Bob dapat memberi makan dan menyantuni orang-orang miskin Jamaica. Tercatat ada 3.000 orang lebih yang diberi makan setiap hari. Sementara itu Bob juga terus concern akan kelaparan yang terjadi di sebagian belahan Afrika serta politik diskriminasi warna kulit (apartheid) yang masih dijalankan di Afrika Selatan. Semua itu disuarakan Bob dalam lagu Unite Africa dalam album terbarunya. Kontan saja lagu itu dilarang diperdengarkan di Afrika Selatan.

Seluruh piringan hitam album tersebut mengalami sensor dengan menyilet track lagu tersebut dan mencoret pada bagian covernya. Di sisi lain Bob malah mendapat penghargaan menjadi satu-satunya artis asing yang diundang dalam konser Kemerdekaan Zimbabwe yang dihadiri oleh Pangeran Charles dan persiden pertama Zimbabwe Dr. Robert Mugabe pada 1980.

CIA di Balik Kematian Bob?
Di tahun 1980 juga Bob mendapat undangan konser tur di beberapa tempat di Amerika Serikat oleh organisasi persaudaraan kulit hitam AS. Di suatu hari minggu, 21 Sepetember 1980, Bob yang tengah berjogging di Central Park, New York terjatuh dan dilarikan ke rumah sakit. Ternyata penyakit melanoma, kanker kulit yang telah dideteksi 3 tahun sebelumnya telah menyebar ke paru-paru dan otaknya. Dokter pun menduga umur Bob hanya akan bertahan beberapa minggu lagi. Delapan bulan setelah berjuang dengan kondisi tubuh yang terus merosot, Bob akhirnya harus menghembuskan nafasnya yang terakhir. Pemakamannya dilangsungkan di Jamaica pada 21 Mei 1981.

Banyak pihak yang tak percaya akan kepergiaannya dan meragukan kematiaannya secara normal. Apakah ada peran CIA di balik kematian Bob? Banyak yang menghubung-hubungkan aktivitasnya dengan operasi intelejen AS itu. Apalagi kanker melanoma yang disebabkan kelainan gen, hanya dialami oleh orang kulit putih.

Kematian Bob yang misterius ini pun akhirnya membawa pada latar belakang Bob sesungguhnya. Ayah Bob Marley, Captain Norval Marley, adalah pria kulit putih Jamaica berusia 50 tahun anggota British West Indian Regiment yang menjadi pengawas perkebunan. Ibunya, Cedella Booker adalah gadis kulit hitam 18 tahun yang bekerja di perkebunan tersebut dan dihamili sang pengawas. Mereka menikah tahun 1944 dan pada 6 Februari 1945 lahirlah Robert Nesta Marley alias Bob. Setelah itu sang ayah meninggalkan keluarganya, walaupun sesekali masih memberikan dukungan finansial bagi pertumbuhan Bob. Berasal dari ayah kulit putih inilah yang memberikan kemungkinan bagi Bob secara genetik menderita melanoma.

Lepas dari kematiannya yang misterius, kehidupan dan karya-karya Bob adalah sangat nyata. Kesedihannya, cinta dan pemahamannya pada kemanusiaan, pemikiran dan spiritualitasnya adalah sesuatu yang masih eksis dan berpengaruh hingga hari ini. Bob adalah musisi yang disiplin, selalu menjadi orang pertama yang datang dan yang terakhir pulang di studio rekaman. Selalu tepat waktu dan bersungguh-sungguh dalam setiap latihan. Bob sangat tidak dapat mentolerir suasana latihan yang tidak serius.

Di balik syair-syairnya yang keras, Bob sesungguhnya adalah seorang yang rileks dengan hobbynya dan kemahirannya bersepak bola. Dan di balik kekerasan hatinya, sesungguhnya Bob adalah pribadi yang romantis dan penuh perhatian. Lagu Stir It Up ditulis dan digubah khusus untuk kekasihnya Rita yang kemudian dinikahinya dan memberikan lima orang putra dan seorang putri. Keenam anaknya dari Rita itu pun lima di antaranya berprofesi sebagai musisi, dua di antaranya peraih Grammy yaitu Ziggy Marley (singer & songwriter) dan Stephen Marley (producer).

Bad Religion


Kalo ngomongin musik punk saat ini, pasti ngga bisa lepas dari pengaruh band yang satu ini. Bad Religion, salah satu dedengkot musik punk dunia ini memang telah lebih dari 25 tahun bertahan di jalur musik punk dan sekarang namanya telah menjadi legenda.

Terbentuk pertama kali pada tahun 1980 di pedalaman kota Los Angeles, California, Amerika Serikat dengan formasi awal Greg Graffin (vocals), Brett Gurewitz (guitar), Jay Lishrout (drums) dan Jay Bentley (bass), ngga salah kalo kita sebut mereka sebagai "pemain lama" di genre musik punk.

Nama Bad Religion pada awalnya terkenal karena isi dari lirik-lirik mereka yang banyak bermuatan sosial. Selain itu, frontman mereka, Greg Graffin, mempunyai gelar DR. untuk bidang evolusi biologi dan memperoleh gelar master untuk bidang geologi. Rentetan gelar itu sedikit banyak mempengaruhi image Bad Religion sebagai band intelektual dan cerdas.

Album pertama Bad Religion (BR) diproduksi oleh Epitaph Records dan merupakan yang terburuk. Setelah sempat manggung di beberapa gigs lokal, akhirnya terjadi pergantian personil dengan masuknya nama Pete Finestone sebagai penggebuk drum yang baru. Kemudian di tahun 1982, album "How Could Hell Be Any Worse?" yang direkam di Hollywood, rilis dan menarik perhatian para pengamat dan penggemar musik Amerika.

Di tahun 1984, pergantian personil semakin gencar hingga nantinya tinggal menyisakan Griffin sebagai satu-satunya personil lama yang "selamat". Greg Hetson dan Tim Gallegos masuk untuk mengambil posisi gitar dan bass, sementara sang gitaris, Brett Gurewitz "sibuk" dengan proses rehab kecanduan narkoba dan minuman beralkohol.

Setelah berbagai masalah yang timbul dari "dalam" selesai, BR mencoba come back dengan mengeluarkan EP "Back To The Known" yang bertujuan untuk memproklamirkan bahwa mereka masih "ada" dan eksis. Akhirnya vakum panjang pun berakhir dan Brett Gurewitz pun kembali ke formasi band dan BR merilis album "Suffer" di tahun 1988. Walaupun musik mereka keras, namun mereka imbangi dengan lirik-lirik pintar dan cerdas.Setelah malang-melintang di industri musik selama bertahun-tahun, BR akhirnya jatuh ke pangkuan major label, Atlantic Records, di tahun 1993. Dibawah naungan Atlantic mereka merilis debut album major lewat "Stranger Than Fiction".

Sampai sekarang, Bad Religion masik produktif dalam membuat album dan sudah mengeluarkan lebih dari 10 album, yang terbaru adalah "New Maps Of Hell" yang rilis tahun 2007 ini. Beberapa album BR antara lain "How Could Hell Be Any Worse?" (1982), Suffer (1987), "Recipe for Hate" (1993), "The New America" (2000), "The Process Of Belief" (2002) dan "The Empire Strikes First" (2004). Formasi terakhir dari Bad Religion adalah Greg Graffin (vocal), Jay Bentley (Bass), Greg Hetson (Guitar), Brian Baker (Guitar), Mr. Brett (Guitar) dan Brooks Wackerman (Drums).

My Bloody Valentine

Matikan lampu ruang ini. Renungkanlah masa cinta itu tidak membahagiakan. Dengarkanlah My Bloody Valentine. Bayangan bias akan kepedihan yang mendalam kembali muncul diiringi oleh sayatan distorsi, pitch bending, dan digital reverb yang dihasilkan gitar berbaur efek-efek. Berapa lagu yang loe butuhin untuk menghidupkan kembali masa suram itu? Semua track yang terkandung di album Isn"t Anything dan Loveless lebih dari cukup buat loe tenggelam dalam imajinasi kelam.

Mereka adalah Kevin Shields (gitar / vokal) dan Colm Ó Cíosóig (drum), orang yang paling bertanggungjawab atas kelangsungannya My Bloody Valentine, dan Bilinda Butcher (gitar / vokal) dan Debbie Googe (bass), yang datang belakangan setelah posisi Bilinda diisi oleh Dave Conway.

Secara resmi, My Bloody Valentine berdiri sejak 1984. Sebelumnya, duo Kevin dan Colm sudah hilir mudik di gigs lokal (Dublin, Irlandia). Sebagai pemuda yang haus akan kreatifitas dan mimpi-mimpi, membawa mereka untuk gabung disebuah lokal punkrock band, The Complex, tahun 1970-an. Perguliran waktu membawa mereka kepada sebuah idealisme anyar untuk bisa tetap eksis di dunia musik. Perekrutan Dave Conway sebagai vokalis mereka, 1983, membentuk band baru bernama Burning Peacocks, sebelum mereka settled di My Bloody Valentine.

Bersama band tersebut, yang akhirnya memasukkan nama baru, Tina, pacar dari Dave, sebagai keyboardist, mereka menadapatkan kontrak untuk manggung di Belanda. Di sana mereka sempat menetap selama tiga bulan. Setelahnya baru mereka kembali ke Berlin, dan menelurkan sebuah mini-LP bertitel, This Is Your Bloody Valentine untuk Tycoon Record. Tapi album tersebut rupanya tersendat secara penjualan, dan membawa mereka kembali ke Belanda, sebelum benar-benar menetap di London, untuk My Bloody Valentine.

Hilir mudik mereka di Eropa membuat tiap personil kehilangan kontak. Colm dan Kevin mencoba memugar kembali band mereka, dengan mencari bassist tetap melalui sebuah audisi. Tina merasa kurang cocok dengan mereka, sehingga memutuskan untuk mengundurkan diri dari band. Pencarian mereka merujuk pada sebuah nomor telepon Debbie Googe untuk dihubungi. Audisi dimulai, mereka terkesan, dan masuklah nama Debbie sebagai bassist mereka.

Keputusan tersebut membuat Debbie benar-benar memutuskan untuk serius terjun ke dunia musik, dengan resign-nya dia dari kerjaan tetapnya. EP bertajuk Geek!, yang terbit Desember 1985, membuat mereka dapat merasakan beberapa gig di London. Tapi sayangnya label kurang berhasil dalam melakukan penjualan, sehingga memberikan dampak yang tidak sesuai dengan harapan band. Progres yang lambat tersebut membuat Shield sedikit frustasi dan memutuskan untuk kembali ke New York, tempat keluarganya tinggal.

Biar bagaimanapun, Joe Foster, Kalaedoscope Records, mencoba membujuk mereka untuk bisa rekaman kembali dengan label yang dimilikinya. Hasilnya, sebuah EP dengan mengatasnamakan My Bloody Valentine, bentuk baru idealisme mereka, rilis awal 1986. MBV mulai merangkak kembali menghiasi gig-gig lokal, yang merambah hingga diluar kota London.Waktu pun semakin membesarkan nama MBV. Februari 1987, mereka tidak tahan untuk tidak mengeluarkan EP berjudul Sunny Sundae Smile, lewat label Lazy Record. Ditengah-tengah show sana-sini itulah, Dave Conway mengundurkan diri dari pondasi MBV untuk menjadi penulis, karena merasa band kurang potensial.

Kekosongan vokalis tersebut membuat MBV mendapatkan rekomendasi dari para kerabatnya, yaitu Bilinda Butcher. "Suaranya oke, dan dia bisa menyanyikan salah satu lagu kita dengan suara yang bagus, tinggal kami harus memperlihatkan bagaimana caranya main gitar," kata Shields.

1988 adalah tahun kejayaan MBV. Suara multi-layered gitar mereka menjadi influence yang besar untuk band-band anyar, dan media sepakat menyatakan bahwa genre yang paling tepat untuk melukiskan MBV adalah shoegaze. Pada tahun ini juga album macam Isn"t Anything dan EP Feed Me with Your Kiss lahir. Masa kejayaan itu terus berlanjut. Post new wave sedang kedatangan penduduk baru bernama noise pop, dimana akhir 80-an dan awal 90-an dunia musik dilanda oleh genre noir berupa shoegazing, post punk, noise, dan juga alternative rock. Tahun 1991 adalah album pionir My Bloody Valentine, Loveless terealisasi, walaupun sempat ada rumor yang harus dibantah oleh Shield, kalau biaya produksi album tersebut membuat Creation Records nyaris bangkrut.

Fans telah terkumpul, semua orang menantikan hadirnya My Bloody Valentine di kota masing-masing. Tak sempat merampung album penuh, mereka tetap menyalurkan kreativitasnya melalui album keroyokan seperti, album tribute: Tribute to Wire, cover theme song James Bond, Bilinda yang disibukkan oleh kontribusinya di Collapsed Lungs, hingga kolaborasi Shield dengan Yo La Tengo, Primal Scream dan juga Dinosaur Jr di tahun 1996.

Sepuluh tahun lebih berlalu, absennya My Bloody Valentine di panggung-panggung musik akbar maupun lokal, terjawab. Mereka mengklaim bahwa pengerjaan album yang dimulai sejak tahun 1996 itu telah rampung 3/4nya. Setelah tertidur lama, mulai tahun 2008 hingga waktu yang tak ditentukan, "Cupid Some", "Soon", "What You Want", "Wheen You Sleep" dan lainnya bisa disimak kembali secara live oleh My Bloody Valentine yang sudah menjelang rentan. "100% kami sedang membuat album lain My Bloody Valentine, kecuali mati atau apalah," kata Shield buat loe yang masih nungguin mereka buat sesuatu yang baru.


Diskografi:
Isn"t Anything

Loveless
Glider
Feed Me With Yur Kiss
You Made Me Realise
Tremolo

The Ramones

The Most Inspirational Band

Hey..Ho..Lets Go! Seakan mengajak semua orang untuk mendengar teriakan khas Joey Ramone dalam mendobrak pakem komersialitas musik rock mainstream di tahun-tahun berkembangnya musik besutan Led Zeppelin, Janis Joplin, Jimmy Hendrix, dan juga booming pasca masa tenar The Beatles dan The Doors.
Permainan musik yang terasa makin rumit terdengar, dengan berbagai campuran nada dan skill memainkan instrumen musik yang menghasilkan nada-nada yang paling pas didengarkan oleh pengikut the Flowers Generation tersebut. The Ramones hadir dengan permainan musik yang terkesan seadanya, tidak rumit, dengan cord gitar standar, ditambah vokal yang berkesan nyeleneh, memberikan kesan bahwa The Ramones tidak berada pada rel yang didominasi oleh musik rock maupun pop. Mereka dikenal sebagai musisi punk-rock (pertama) di Amerika, berikut atribut yang dibawanya.

Walaupun namanya tidak sesukses band semacamnya seperti The Clash dan Sex Pistols, The Ramones masih tetap diakui sebagai punk-rocker pertama di Amerika, bahkan kontribusinya di dunia musik masih terasa hingga saat ini. Memerdengarkan chorus, reffrain, lirik, dan musik yang berulang-ulang, malah memberikan ciri tersendiri buat band yang di isi oleh Joey, Johnny, Dee Dee, dan Tomy Ramone, kalau mereka tidak meniru siapa-siapa, dan yang ditirunya dalam pembuatan album-album selanjutnya adalah band yang dinamai The Ramones itu sendiri.

Berawal dari Forest Hill, Queens, New York, tahun 1974, Jeffry Ross Hyman (nama asli Joey Ramone) mengundang John Cummings (Johnny Ramone) dan Douglas Glenn Colvin (Dee Dee Ramone) untuk bergabung dengan bandnya. Pertamanya, Dee Dee dinobatkan sebagai vokalis dan juga rythm, sedangkan Joey pada saat ini mengisi bangku drummer. Pada saat itu mereka masih belum menggunakan nama The Ramones, hingga suatu saat Dee Dee terinspirasi oleh nama samaran yang digunakan oleh Paul McCartney dalam pemesanan hotel, Paul Ramone. Dengan ide liarnya itulah nama The Ramones, dan juga nama "keluarga" Ramone lahir. Ia mengajak kedua temannya untuk menggunakan nama tersebut sebagai identitas.

Formasi menjadi berantakan, karena rupanya Dee Dee, yang beralih menjadi bassist dan vokalis, tidak mampu bermain multitasking untuk aksi pertamanya di atas panggung. Joey Ramone kena imbasnya. Ia dinobatkan sebagai vokalis sekaligus drummer. Merasa tidak mumpuni, Joey pun menyerah melakukan keduanya berbarengan. Hingga pada akhirnya nama Tamás Erdélyi (Tommy Ramone) hadir untuk mengisi kekosongan posisi drummer tersebut. Tommy yang awalnya hadir sebagai manager pun mempelajari tata cara bermain drum. Untungnya musik yang diusung The Ramones tidak rumit, dan bermain konstan, nama Tommy dianggap mampu membawakan lagu The Ramones dengan baik.

30 Maret 1974 adalah tanggal bersejarah lahirnya The Ramones di atas panggung. Banyak yang tercengang dengan permainan musik cepat mereka. Lagu-lagu yang dibawakan begitu cepat dan juga pendek, tidak banyak yang di atas dua menit, ditambah dengan penampilan mereka yang menggunakan jaket kulit warna hitam dengan celana jeans belel, seakan mengatakan kepada para hippies untuk bosan dengan hidupnya. "Mereka semua menggunakan jaket kulit hitam. Dan mereka menggunakan angka (1-2-3-4) pada lagunya...dan itu seperti tembok yang riuh...terlihat seperti menyerang. Mereka ini bukanlah Hippies. Ini adalah yang benar-benar baru saat ini," ujar Legs McNeil dari majalah Punk setelah melihat aksi panggung mereka di CBGB.

Setelah cukup lama malang melintang di klab tersebut, Linda Stein, istri dari Seymour Stein, pemilik Sire Records, melihat aksi mereka dan melaporkannya kepada sang suami. Tahun 1976 album self-tittled pertama, The Ramones, mereka keluar, dengan single andalan mereka "Blitzkrieg Bop" dan juga "I Wanna Be Your Boyfriend." Nama mereka langsung melambung, dan dinobatkan sebagai musik Punk. Selanjutnya, hampir rutin setiap tahun The Ramones berturut-turut menelurkan album penuhnya. Mulai dari Leave Home (1977), Rocket to Russia (1977), Road to Ruin (1978), End of the Century (1980), Pleasant Dreams (1981), Subterranean Jungle (1983), Too Tough to Die (1984), Animal Boy (1986), Halfway to Sanity (1987), Brain Drain (1989), Mondo Bizarro (1992), Acid Eaters (1993), dan Adios Amigos (1995).

Rentang waktu 20 tahun membuat The Ramones berhasil mendokumentasikan lagu-lagu terbaik mereka macam "Rock n Roll Highschool," I Wanna Be Sedated," Pet Cemetery," Rock n Roll Radio" dan masih banyak lagi. "K K K Took My Baby Away" adalah salah satu lagu yang cukup sering dibawakan oleh band lain, salah satunya Pearl Jam dan Kiss, dan pada kenyataannya lagu tersebut adalah hasil dari perseteruan antara Johnny dan Joey Ramone dalam memperbutkan gadis pujaannya. Hebatnya band masih berjalan dengan normal, walaupun personilnya mempunyai masalah pribadi. Satu lagi, mereka membuktikan profesionalitas mereka atas nama Ramone.

Pergantian personil tentu menjadi salah satu masalah yang pernah dirasakan sepanjang sepak terjang The Ramones. Tommy Ramone hanya bertahan sampai tahun 1978, digantikan oleh Marky Ramone yang sempat keluar masuk di band karena masalah kecanduan minuman keras. Ia sempat digantikan sementara oleh Richie Ramone (1983-1987) dan Elvis Ramone (1987). Dee Dee Ramone pun hengkang tahun 1989 karena ingin bersolo karier sebagai rapper dengan nama Dee Dee King. Ia digantikan oleh C.J Ramone.

Kariernya ditutup tahun 1996, dengan album terakhir mereka Adios Amigos, yang berarti juga selamat tinggal. Nama mereka masih tetap berkibar. Tahun 1991 pernah muncul sebuah tribut untuk mereka, "Gabba Gabba Hey: A Tribute to the Ramones" yang diisi oleh band-band macam L7, Mojo, Nixon, dan juga Bad Religion. Dan setelahnya "Were A Happy Family" (2003) muncul kepasaran, dengan sederet nama besar dibelakangnya. Mulai dari Rob Zombie, Metallica, U2, Kiss, Marilyn Manson dan lain-lian. Album tribut terakhir tersebut ditujukan kepada mendiang Joey dan Dee Dee Ramone yang telah berhasil membawa nama The Ramones mencapai puncak popularitasnya.

"Rekaman ini didedikasikan mengingatkan kita pada Joey (2001) dan Dee Dee (2002), member dari sebuah band yang luar biasa dimana saya mendapatkan hak istimewa untuk bisa memanajeri (The Ramones) lebih dari dua dekade," ujar Gary Kurfirst manajer sekaligus Co-Executive Producer album tersebut. Johnny pada saat itu masih ikut membantu pembuatan album. Baru pada tahun 2004 ia meninggal dunia. Seperti apa yang diucapkan oleh Joey Ramone, "I dont ever want to be that way, I dont wanna grow up," pada lagunya "I Dont Wanna Grow Up," The Ramones tetap konsisten dengan warna musiknya yang begitu-begitu saja. Di tengah-tengah maraknya musik-musik baru bermunculan sepanjang dua dekade tersebut, tidak membuat The Ramones menengok ke arah lain. Kesederhanaan inti dari semuanya, diantara ke-glamor-an yang muncul sana-sini.

Mereka memberikan kita wajah baru dalam bermusik. Lirik yang diulang-ulang pun tidak menjadi masalah yang sakral dalam sebuah lagu (sekarang Melly G. mulai menerapkannya). Gaya dekil, jaket kulit, celana ketat, rambut gondrong ponian sudah menjadi trend setter sejak beberapa tahun kebelakang. Jurus tiga kuncinya berhasil menginspirasi band-band punk rock. Formula itu ditemukan oleh The Ramones, dan pada akhirnya kita sadar kalau lagu yang bisa dinikmati adalah lagu yang tidak rumit dengan lirik yang mudah dilafalkan.

Wednesday 4 March 2009

History Heavy Metal

Heavy metal ditemukan oleh Band veteran Tahun 60-an Steppenwolf, dalam lagu klasiknya yang berjudul 'Born To Be Wild' (ada di baris kedua bait kedua, "dasar maniak barang remeh-remeh!"). "I like smoke and lightning HEAVY METAL thunder Racin' with the wind And the feelin' that I'm under".Tapi istilah itu belum dipakai secara tepat sampai pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis album perdana klasik mereka yang berjudul ' Paranoid'. Cukup banyak band Heavy metal.

Dari tahun 1960-an atau bisa disebut Blues Rock seperti Led Zeppelin, AC/DC Classic metal dan disekitar 60an sampai 70-an atau disebut Classic Rock seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan Classic metal dimainkan kadang dengan Organ. Musiknya dikendalikan oleh riff yang lebih sering dimainkan dalam tangga nada minor. Vokalisnya juga terpengaruh oleh Led Zeppelin kecuali Bapak metal Ozzy Osbourne yang dipengaruhi oleh Sirene udara.

Underground Metal!, Tempo lagu sangat cepat yang diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke pada Thrash metal oleh band-band seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Di San Francisco ada Testament dan Exodus di New Jersey ada Overkill dan Sepultura dari Brazil.

Pada tahun 1990-an, underground ini lebih memasuki ke Extreme metal seperti Black metal yang diprakarsai oleh band-band cadas seperti Venom, Mayhem, Bathory, Mercyull Fate dan Death Metal yang cenderung menggunakan vokal dengan growl rendah dan banyak screamnya berkembang.

Pada tahun 1991, menjadi Scandinavian Death metal oleh Entombed, Dismember, Unleashed, dan At The Gates Melodic Death metal yang berasal dari Gothenburg Swedia lalu berkembang di Finlandia dan Norwegia oleh band-band seperti Arch Enemy, Dark Tranquillity, Disessction.

Florida Death metal adalah Turunan jenis musik Thrash metal yang berasal dari band Kreator dan Destruction melahirkan band band asal Florida yang terkesan lebih brutal yang menjadi Techical metal di pioniri oleh Cynic (kemudian menjadi berevolusi menjadi Aghora ), Atheist, Immolation, Death. Progressive Death metal yang mungkin lebih cenderung ke visualisasi dan banyak mengunakan Tradisional pun dimaklumi, Pionirnya adalah Opeth, Pestilence, Death, Novembre dan mungkin Progressive metal oleh Dream Theater.Perbedaannya dengan Power metal adalah genre ini lebih bersemangat dan vokalis genre ini kebanyakan di pengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickison band-band genre ini kebanyakan dari Eropa. Misalnya, Europe (Swedia), Iron Maiden (U.K), Helloween (Jerman). Dan Speed metal dimainkan lebih cepat sangat-sangat cepat dan bertenaga seperti Motorhead (akhir-akhir), Iron Angel, Anthrax.

Tuesday 3 March 2009

BOB MARLEY

The Journey:
Reggae jadi mendunia gara-gara satu orang yang bernama Bob Marley. Duta besar regage, gitu banyak orang ngasih label buat Bob Marley, cowok yang lahir pada 6 Februari 1945 di St. Ann's Parish dan besar di lingkungan miskin di Trenchtown, Jamaika. Dari tangan cowok blasteran ini lahirlah hits klasik seperti No Woman No Cry, I Shot the Sheriff, dan Waiting in Vain.

Karier profesional dimulai pas Bob masih remaja berusia 16an, bersama dua temannya, Bunny Livingston dan Peter McIntosh (Peter Tosh). Ia pertama kali rekaman pada tahun 1962, bersama The Teenagers atau yang juga dikenal sebagai The Wailing Rudeboys. Ia lalu membentuk band sendiri, The Wailers. Tahun 1966, setelah menikahi Rita Anderson, Bob pindah ke Amerika Serikat. Tapi kepindahan Bob ke Amerika Serikat nggak lama, karena nggak betah, Bob mutusin untuk pulang dan memilih untuk nyempurnain lagu yang ditulisnya. Tahun 1973 bareng Island Records, Bob ngerekam dan ngerilis Catch a Fire.

Album inilah yang menyebarkan demam Reggae ke seluruh dunia. Pada saat itu Bob mampu memberikan pilihan baru kepada penggemar rock, dalam reggae Bob Marley menghadirkan kepercayaan diri, pemberontakan, dan keadilan. Sampai tahun 1979, Bob jadi orang super sibuk karena turnya laku digelar di seluruh penjuru dunia dan juga di Madison Square Garden, venue yang waktu itu jadi barometer buat popularitas seorang artis kelas dunia.

Akhir Yang Tragis:
Saking sibuknya, Bob bahkan tak mempedulikan kanker yang ditemukan dalam pemeriksaan dokter di tahun 1977. Sayangnya karena ngga' diobati, tanggal 11 Mei 1981, Bob meninggal. Sekitar delapan bulan sebelumnya Bob pernah terjatuh di Central Park, New York, waktu lagi asik jogging. Tim dokter memastikan bahwa kanker yang mula-mula hanya ada di kaki sudah menjalar ke mana-mana, mulai dari ke otak, paru-paru, bahkan sampai ke liver.

why designers can’t think

Program pendidikan desain grafis di Amerika dapat di bagi kedalam dua kategori besar: process schools dan portfolio schools. Sekolah proses menekankan pada bentuk, artinya pemecahan masalah visual yang disetir oleh bentuk. Latihan-latihan awalnya sederhana: menggambar huruf, menerjemahkan bentuk-bentuk tiga dimensi ke citra dua dimensi yang berkualitas kontras ideal, dan dasar fotografi still-life.

Pada tingkat pertengahan, latihan-latihan formal tersebut dikombinasikan dengan berbagai cara: padukan gambar flute dengan gambar huruf N, padukan huruf N dengan foto sepatu ballet.

Pada tahap akhir kombinasi-kombinasi di atas dijelmakan jadi “sebuah karya” desain grafis: Huruf N ditambah gambar flute ditambah foto sepatu ballet ditambah huruf judul Univers 42pt, maka sim salabim, jadilah sebuah poster untuk Rudolf Nureyev. Maka ketika desainer alumni dari situ dapat proyek mendesain, misalnya poster pameran karya Thomas Edison, maka dia akan cenderung untuk berbalik ke cara: padukan huruf E, dengan gambar camera, foto bohlam, dll, dicampur jadi satu. Begitulah urat pikir sekolah proses, yang akarnya menancap di Kunstgewerbeshule di Basel Swiss.

Sekolah portfolio, gaya pemecahan masalahnya ‘conceptual’, tapi bias mengarah pada penggunaan citra-citra yang cantik, mudah diingat dan memasyarakat. Sekolah portfolio menekankan pada hasil, bukan proses, bagaimana mempersenjatai siswa dengan portfolio keren sebagai karcis untuk dapat proyek atau diterima kerja.

Menurut para pendukung portfolio school, metode desain process school itu sok tinggi, tertutup, rahasia, dan tidak membumi. Menurut para pendukung process school, metode portfolio school berselera rendah, murahan dan tidak asli.

Anehnya alumni-alumni dari kedua sistem sekolah tersebut sama lakunya. Perusahaan logo menyenangi alumni sekolah proses, buat di suruh bikin logo manual yang super tebal. Perusahaan packaging menyenangi lulusan portfolio school, buat di suruh bikin comprehensive desain yang super cantik, dan bikin ratusan alternatif desain yang stylish untuk menyenangkan client yang bingung memilih.

Masalahnya adalah, kedua jenis program ini sama saja: yaitu mementingkan bagaimana tampang atau penampilan desain grafis, bukan pada permaknaannya. Dalam hal permaknaan, process school membual dengan kalimat-kalimat seputar “semiotics”. Sedangkan portfolio schools membual dengan “conceptual problem solving”. Namun pada dasarnya semua kalimat tersebut melayang di awang-awang budaya.

Hampir pada semua program pendidikan, bisa jadi siswa belajar desain grafis tanpa sedikit pun pernah mendalami perihal seni murni, sastra dunia, sains, sejarah, politik atau disiplin-disiplin lain yang semuanya mengikat kita di dalam budaya sehari-hari.
Memangnya kenapa? Apa perlunya desainer grafis berhubungan dengan semua urusan tadi? Toh perusahaan-perusahaan mencari desainer grafis terlatih, bukan perlu penulis atau pengamat budaya?

Pada awalnya kekurangan tersebut tidak terasa, memang para lulusan baru tidak perlu lebih tahu mengenai perekonomian ketimbang tukang servis tv, yang penting asal mereka punya skill teknis, that’s it, cukup. Namun setelah lima atau sepuluh tahun berkiprah, bagaimana bisa seorang desainer merancang annual report tanpa sedikit pengetahuan tentang ekonomi? Bagaimana dia bisa merancang buku bila tidak tertarik dengan dunia sastra? Bagaimana dia bisa merancang logo untuk sebuah perusahaan high-tech tanpa pernah mengenal dunia sains? Ternyata mereka bisa dan tetap laku.

Beberapa desainer mengisi ompong pendidikan itu belajar sendiri, banyaknya sih mengarang. Namun rata-rata karya desain masa kini, dibuat oleh para desainer yang tetap setia merancang dengan cara sebagaimana ajaran sekolah dulu: mendesain sebagai upacara pemujaan di atas altar visual.

Karya-karya perintis desain grafis dari jaman empat puluhan dan lima puluhan, masih dan akan terus mempesona. Sedangkan karya-karya di era berikutnya terlihat semakin cepat kuno dan asing. Rupanya walau tanpa melalui program pendidikan spesial, para perintis desain grafis menjadi utuh intelektualitasnya, karena itulah tuntutan jamannya. Karya-karya mereka memperoleh nyawa dari hakekat kebudayaan mereka kala itu.
Di sisi lain, sistem pendidikan modern, pada hakekatnya bebas dari nilai: setiap masalah desain dapat dipecahkan dengan solusi visual yang berdiri terpisah dengan kaitan budaya mana pun.

Contoh kasus: dengan enak dan langsung saja (dibayar mahal lagi) desainer masa kini terima proyek untuk meng-upgrade sebuah logo classic dari suatu merek soft drink, dibikin up to date, tanpa mengindahkan makna logo tersebut dalam kaitan budaya di jamannya. Renovasi total, gak kepikir sedikit pun untuk mengatakan tidak.
Para klien bukanlah desainer lain, mereka gak mengerti, namun mereka harus diberi solusi grafis komunikasi yang benar-benar memiliki gaung, bukan sekedar pengulangan. Kita mesti memberi mereka ‘bahasa’, suatu cara penyampaian, bukan sekedar gambar cantik.

Kini, hasrat para pendidik desain sepertinya mengarah ke teknologi, buta komputer ditakuti bakal jadi kendala bagi lulusan. Sebenarnya, masalahnya bukan di situ, ada kebutaan lain yang lebih luas. Jika para pendidik tidak menemukan cara untuk membuka wawasan siswa dalam dunia budaya penuh makna, maka para alumni akan terus bicara dengan bahasa yang hanya bisa dimengerti oleh teman sekelasnya. Dan pada akhirnya para desainer, semakin hari dan semakin hari, hanya bisa berkomunikasi dengan diri sendiri.

What is a Good Design?

Sebagai desainer terkadang sulit untuk memberikan justifikasi atas desain yang dihasilkannya. Yang penting adalah ‘enak dilihat’. Sedang dari sisi pelaku pemasaran dan komunikasi, mereka mengalami kesulitan apakah kapan desain dianggap selesai dan akan sukses untuk kebutuhan komunikasi mereka. Dari sisi publik, ada desain yang begitu susah dan rumitnya dijelaskan filosofinya. Ada desain yang mudah dicerna dan ‘feels right’. Tapi cukup banyak pula desain yang kelihatan ‘nggak nyambung’ dengan apa yang dikomunikasikannya.

DESAIN SEBAGAI PROSES
“Good design is not about the result, it’s when everybody involved feels good about it”
Kutipan ini sangat representatif di dalam mendeskripsikan tugas seorang desainer.
Hal yang sangat krusial di dalam desain adalah pertanyaan
Proses >< Hasil , manakah yang lebih penting? Apakah hasil karya desain berawal dari rancangan yang self-indulgence yang dicari justifikasinya atau memang merupakan solusi atas kebutuhan komunikasi?

Pendekatan terhadap desain sebagai proses akan melibatkan desainer dan klien dalam satu konteks yang sama, yakni sama-sama bertujuan mengekspresikan perusahaan/produk dan berkomunikasi kepada publik. Kesepakatan ini memberikan konsekuensi bagi kedua pihak untuk melakukan diskusi intensif dan mendefinisikan kebutuhan komunikasi dengan jelas. Jika perlu klien dan desainer terlibat di dalam proses brainstorming bersama-sama. Kemudian dari gagasan-gagasan tersebut dikembangkan menjadi solusi desain.
Yang dinilai oleh klien bukanlah hasil desain semata, tetapi proses berpikir dan seluruh pengalaman dari desainer untuk mampu menghasilkan karya.

DESAIN SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI
Pada komunikasi, konsep positioning dan diferensiasi sudah sangat dikenal oleh para pemasar. Singkatnya, di dalam satu kategori brand, benak kita sulit mengingat lebih dari 2 atau 3 brand di setiap kategori, misalnya di film ada Fuji dan Kodak, di ayam goreng ada KFC dan Suharti. Yang diingat orang bukanlah kesamaan Fuji dan Kodak, tetapi perbedaannya. Fuji cocok untuk outdoor, Kodak cocok untuk indoor. KFC adalah ayam impor, Suharti ayam kampung.

Hal ini bisa diterapkan secara sederhana di dalam dunia desain. Jika semua perusahaan teknologi menggunakan garis-garis yang solid dan warna biru, Lucent menggunakan logo bulat dalam bentuk sapuan kuas dengan warna merah. Kenapa? Agar mudah diingat!

Warna biru di kategori bank saat ini milik BCA, kombinasi warna merah biru adalah Lippo, gradasi biru ke putih Citibank, pita biru adalah Bank Mandiri. Oleh karena itu Danamon perlu mengklaim warna orange dan kuning. Warna hijau di film milik Fuji dan warna kuning milik Kodak, sehingga Konica memilih warna biru. Warna adalah salah satu elemen yang paling kuat untuk di-recall karena warna sangatlah emosional daripada bentuk. Oleh karena itu gunakan warna sebagai atribut yang paling awal untuk didefinisikan.

Lakukan analisa terhadap kompetitor, kategori produk, brand dan dari situ bisa diambil strategi diferensiasi yang akan membedakan kita dengan pesaing. Bentuk swoosh sudah terpatri ke dalam benak kita sebagai Nike. Sangat banyak brand me-too yang berusaha memplesetkan bentuk ini ke dalam logonya. Mengapa tidak melakukan strategi diferensiasi ketimbang imitasi? Tetapi jika memang strateginya adalah imitasi, mungkin ini adalah jalan yang bisa ditempuh. Hal ini kembali kepada strategi, apa yang ingin dikomunikasikan.

SIMPLIFY! SIMPLIFY! SIMPLIFY!
Pada dasarnya, otak manusia akan berusaha mencari pola dari setiap bentuk yang ditemuinya. Ini yang menyebabkan anak kecil sulit membedakan bola dan balon, tetapi mereka bisa tahu bulatan merah besar dan bulatan hijau kecil sebagai bola.

Yang disimpan di dalam otak kita adalah simbol, bukan detail dari objek. Wajah manusia hanya disimpan sebagai lingkaran dan 2 titik di dalamnya, bukan kerut atau bentuk hidung dan mulut. Oleh karena itu kita bisa mengingat bahwa logo Nike dengan mudah karena bentuknya sederhana, tetapi kita sulit untuk menggambar Garuda Pancasila padahal kita sudah melihat, menghafalkan dan memasangnya di mana-mana. Ini terbukti saat kita diminta menggambar ulang kedua bentuk ini.

KLIEN - DESIGNER - PUBLIK
Bagi seorang desainer, siapa klien sebenarnya? Apakah klien yang memberikan project ataukah publik yang nantinya akan menikmati hasil rancangan desain? Jawabannya adalah keduanya!
Klien harus bangga atas hasil rancangan yang mereka miliki yang dianggap mampu merepresentasikan siapa mereka.

Publik juga harus bisa membaca desain tanpa ada si desainer yang berusaha menjelaskan filosofi kepada setiap orang.
Tantangan yang dihadapi oleh desainer adalah menjembatani kedua kepentingan ini. Saat melakukan diskusi dengan klien, desainer perlu menjadi katalisator yang mampu membaca keinginan klien dan sekaligus tetap bertanggung jawab kepada publik.

TIPS MENGEVALUASI DESAIN
Ini adalah beberapa teknik sederhana untuk mengevaluasi desain:

Lihat adanya kontras atau laras. Metode paling mudah adalah menggunakan laras, di mana digunakan warna senada dan kombinasi tipografi yang satu keluarga.
Selain itu juga bisa digunakan kontras, seperti warna komplemen dan kombinasi tipografi yang sama sekali berbeda (sans serif dan serif misalnya).
Keduanya akan menghasilkan emosi yang berbeda, laras terlihat lebih statis dan harmonis sedang kontras menampakkan dinamika.

Letakkan karya secara terbalik.
Di sini kita akan melihat karya sebagai karya visual tanpa makna.
Logo akan terlihat sebagai bentuk dan tidak kita baca artinya. Perhatikan komposisi, warna, jarak antar huruf, tampilan logo.

Tutup logo dengan tangan.
Lakukan penilaian apakah hadirnya logo membuat desain lebih baik atau malah sebaliknya.
Tutup mata dan visualkan logo di dalam benak.
Di sini kita mengetahui apakah logo mudah diingat. Coba gambar ulang logo tanpa melihat gambar asli, semakin mudah Anda menggambarnya, makin mudah bagi orang lain untuk mengingatnya.

Edarkan desain kepada orang-orang yang tidak mengikuti prosesnya.
Dengan cara ini kita akan jujur terhadap pengalaman, konotasi, dan selera publik. Lakukan ini dengan hati-hati dan gunakan sebagai panduan, bukan satu-satunya tolok ukur keberhasilan

Apa Yang Perlu (Dan Tidak Perlu) Dilakukan Ketika Bekerja Dengan Desainer

Bayangkanlah anda sebagai Christoper Columbus. Anda tiba di Dunia Baru dan kecewa karena tidak ada sama sekali sutra dan rempah-rempah oriental yang menjadi tujuan utama lalu beputar dan pulang, dan kehilangan kesempatan untuk melihat berbagai keindahan dari Dunia Baru.

Itulah yang terjadi ketika anda mempunyai praduga yang salah tentang desain. Anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik, tetapi TIDAK melihat dan menghargainya karena anda hanya berfokus pada kenyataan bahwa semuanya tidak sesuai dengan pikiran anda. Ingatlah bahwa ANDA adalah bagian penting dari proses desain. Jika anda bukanlah klien yang baik, maka anda tidaklah dapat mengharapkan hasil yang baik.

Praduga yang salah adalah cuma salah satu dari kesalahan yang dibuat orang ketika mereka bekerja dengan desainer. Sebuah hasil karya yang bagus dari desainer akan membuat sesuatu :

· bekerja lebih baik

· terjual lebih baik

· memberikan cahaya baru pada obyek lama

· terlihat lebih baik

Masalahnya adalah, banyak orang memperkerjakan desainer karena mereka ingin website mereka "terlihat bagus". Tetapi itu hanyalah mancakup permukaannya saja dari apa yang seorang desainer bisa dan seharusnya dilakukan. Jadi, mereka tidak mengetahui apa yang mungkin terjadi, sehingga mereka tidak mendapatkan hasil yang maksimal dari uang yang mereka bayarkan.

Seorang penulis bukan hanya seorang yang bisa mengetik, desainer bukanlah hanya seorang yang dapat menggunakan program grafis. Desain yang bagus adalah lebih dari sekedar kulit yang dalam.
DESAIN ADALAH KOMUNIKASI.

Cara untuk menginspirasi seorang desainer adalah memberikan mereka pesan dan rasa yang anda ingin capai, dan kebebasan untuk mencapainya dengan cara yang segar dan baru.

Jadi, bagaimana anda bekerja dengan desainer untuk mendapatkan hasil terbaik mereka ? Disini ada beberapa usulan :

1. Pilihlah desainer anda secara hati-hati.
Lihatlah karya-karya mereka sebelumnya. Desainer terbaik tidak memiliki "style yang terlihat". Website mereka akan terlihat berbeda sebagaimana perbedaan yang ada pada klien-klien mereka. Penghargaan tidaklah selalu berarti bahwa desainer bekerja untuk klien. Jika anda tidak yakin dengan sebuah desain, lihatlah website mereka dan tanyalah klien mereka.

2. Tinggalkan praduga yang belum tentu benar di pintu depan.
Jangan meminta sebuah website yang seperti milik orang lain tetapi dalam warna yang berbeda. Terbukalah terhadap ide yang baru dan diluar dugaan. Jangan takut pada sesuatu yang berbeda. Biarkanlah ide-ide baru mengalir.

3. Katakan pada desainer apa yang ingin anda capai, bukannya bagaimana anda menginginkan sesuatu terlihat.
Jangan meminta sebuah warna, bentuk, atau style. Mintalah arti atau emosi.

4. Pastikan tentang fitur spesifik yang anda butuhkan.
Anda ingin desainer anda untuk membuat sebuah spesifikasi desain yang anda inginkan. Jika anda mencoba untuk menambahkan fitur selama perjalanan, desainnya tidak akan cocok

5. Kerjakan riset anda dan jelaskan secara spesifik tentang kebutuhan anda.
" Saya ingin menjual meeting planner berdasarkan ide bahwa saya bisa disewa untuk pembuatan kostum untuk acara-acara mereka. " Hal tersebut jelas dan spesifik tentang produk dan pemirsanya. Semakin detil dan spesifik saat permulaan, semakin baik daya kerja desainer untuk membuatkan website untuk kebutuhan anda. Jika anda menambahkan kebutuhan anda di kemudian hari, sang desainer kemungkinan hanya bisa untuk menyelipkannya, dimana ini tidak akan memberikan anda hasil yang terbaik.

6. Pastikan pesan dan isi anda telah jelas.
Semakin siap isi yang ingin anda masukkan, semakin baik desainer dapat membuat website anda. Seorang desainer yang bagus dapat membuat usulan untuk memperjelas isi content anda agar pesan yang ingin anda sampaikan dapat dipahami lebih cepat dan lebih jelas. Tetapi semakin banyak isi content yang telah siap, semakin banyak yang bisa dikerjakan oleh desainer.

7. Desainlah untuk pelanggan anda, bukan untuk anda sendiri, teman anda, atau kolega anda.
Jelaskan secara spesifik sehingga desainer anda tahu bagaimana pelanggan anda dan apa yang mereka inginkan. Adalah lebih penting jika mereka menyukai website anda daripada anda sendiri. Selalu ingatlah "Apa yang diinginkan mereka". Jika desainnya meyenangkan hati pelanggan anda, mereka akan meyenangkan anda. Jika anda bertahan pada desain yang hanya menyenangkan hati anda, maka pelanggan pun mungkin tidak akan tertarik untuk membeli produk atau layanan dan pada akhirnya, anda akan kalah.

8. Milikilah alasan yang baik untuk pilihan anda.
Anda dapat menunjukkan pada desainer situs yang menarik hati anda, tetapi galilah lebih dalam dan jelaskanlah mengapa situs tersebut menarik hati anda. Berpikirlah dalam konteks perasaan.
Desain membuat anda merasa, jadi beritahu desainer anda bagaimana desain tersebut menarik perasaaan anda. Daripada berkata "Saya suka warna kuning", galilah ke akarnya dan berkata "Saya ingin situs yang terasa hangat" atau "Saya ingin sesuatu yang riang dan bersahabat."
Berfokus pada kesan logis dan emosional anda akan memberikan desainer hal yang lebih banyak untuk dikerjakan. Kenapa ? Karena pelanggan anda mungkin tidak "suka" hal yang sama dengan anda, tetapi desainer yang baik dapat menterjemahkan kesan yang adan ingin pelanggan anda dapatkan.

9. Jangan mendesain dengan komite.
Tidak ada desain yang bagus yang pernah tercipta dari kesepakatan bersama. Semakin banyak orang yang memiliki suara dalam proses, semakin bias desain yang dihasilkan. Teman-teman dan rekan-rekan kerja anda akan sering memberikan nasehat yang bertentangan dan orang seringkali memiliki motif tertentu saat memberikan komentar (mereka mungkin iri atau terintimidasi jika anda mendapatkan sesuatu yang terlalu bagus, atau mereka mungkin hanya tidak peduli). Anda dapat menunjukkannya pada beberapa orang yang terpercaya dan mendapatkan komentar mereka, tetapi hanya boleh satu orang yang mengambil keputusan. Jangan terombang-ambing dan mencoba untuk mengubah arah saat-saat terakhir dalam proses.

10. Jangan memberitahu desainer bagaimana caranya mendesain.
Itu bukan keahlian anda. Berikan desainer kebutuhan dan catatan anda, tapi juga beri mereka kebebasan untuk menciptakan sesuatu yang menjawab semua itu seefektif mungkin. Jika anda terlalu mengatur desainer, mereka tidak akan termotivasi untuk melakukan apapun kecuali menguangkan cek anda.

11. Anda tidak dapat menyenangkan semua orang setiap waktu.
Bill Cosby pernah berkata "Satu-satunya jalan yang pasti untuk gagal adalah mencoba untuk menyenangkan hati semua orang." Jika semua berpikir situs anda "OK", maka kemungkinan situs anda terlalu membosankna untuk mendapatkan reaksi dari seseorang. Jika Anda mendesain sebuah situs TANPA kepribadian, tidak ada orang yang membencinya. Atau menyukainya.

12. Percaya Desainer anda (anda membayar keahlian mereka)
Maka ketika mereka mulai menunjukkan desainnya, berikan komentar yang spesifik. Jangan hanya berkata, "Saya tidak suka warna coklat." Itu tidak menunjukkan nilai yang sebenarnya. Jika anda berkata "Saya khawatir warnanya terlihat muram dan kita butuh sesuatu yang menunjukkan pertumbuhan," maka anda memberikan sesuatu yang berguna kepada desainer, karena anda berbicara tentang isinya dan bukan menyuruh mereka bagaimana mendesain sesuatu.

Desainer anda seharusnya lebih tahu dari anda tentang desain dan implikasinya, baik secara emosi maupun kultural. Jadi jika anda meminta sebuah warna dan desainer menerangkan mengapa itu bukan merupakan ide yang bagus, percayalah pada mereka. Jangan meminta warna, bentuk, atau style -- mintalah arti atau emosi.

Ya, desainer dapat membuat kesalahan dan membawa ke arah yang salah. Tetapi anda harus memberitahu mereka apa yang anda butuhkan, bukan bagaimana mendapatkan tujuan tersebut.
Alasan dari banyaknya penemuan besar menjadi celaka adalah ketika anda memulai dengan satu tujuan di kepala kemudian berakhir di tempat lain yang anda rasa anda kehilangan arah dan tersesat.

Kenyataan sungguh berbeda -- anda mungkin berakhir di tempat yang berbebda -- tetapi lebih baik. Tetapi jika anda hanya melihat sesuatu dalam konteks "Tujuan saya disana dan saya sekarang tidak disana" maka anda akan kecewa, bahkan jika anda menemukan sesuatu yang lebih baik.

Jadi, ketika bekerja dengan desainer, anda butuh mundur selangkah dan bertanya kepada anda sendiri apakah anda sedang menjadi Columbus, melewatkan keajaiban dari dunia baru.

Tips Menghadapi Klien

Klien adalah konsumen yang membuat seorang desainer Web senang karena akan mendapat pekerjaan (dan uang tentunya), terkadang membuat kesal setengah mati karena permintaan mereka yang selalu berubah-ubah. Mengesalkan memang, bila kita berhadapan dengan tipikal klien yang sulit untuk diajak kerjasama, namun ada beberapa kiat untuk mengatasi klien sekaligus memotivasi kita agar dapat bekerja dan melayani klien sebaik mungkin.

Tanyakan Apa Keinginannya,
Sebelum kita mulai membuat desain situs, lebih baik kita menanyakan terlebih dahulu bagaimana gambaran tampilan sebuah situs yang ingin klien Anda dapatkan. Anda bisa menanyakan warna dasar atau gaya desain (futuristik, elegan dan lain-lain) yang diinginkan klien.

Tidak ada salahnya Anda juga menanyakan URL yang paling dia sukai beserta alasannya, kenapa klien menyukai situs tersebut, tentunya masih dalam konteks tampilan visual situs tersebut. Jawaban-jawaban yang Anda peroleh dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam mendesain situs yang klien minta. Akan lebih baik bila Anda membuat semacam formulir isian yang berisikan mengenai informasi desain yang klien inginkan. Formulir ini akan membantu Anda dalam membuat desain yang sesuai dengan permintaan klien.

Klien adalah raja, Anda menjadi pelayan dan penasihat
Betul, pepatah lama mengatakan Pembeli (Klien) adalah raja. Tapi Seorang raja tidak akan dapat memerintah dengan baik bila tidak mendapatkan bantuan pemikiran dari sang penasihat. Andalah penasihat itu, berikanlah saran-saran dan alternatif lain bila permintaan yang klien minta memang menyalahi aturan (tidak umum). Misalnya, klien ingin membuat situs yang terkesan elegan namun dengan warna dasar ungu terang dan teks berwarna kuning, sampaikan pendapat Anda mengenai permintaannya itu, sampaikan pula masukan dan saran-saran warna alternatif lain supaya situs yang dibuat terkesan elegan.

Berikanlah Beberapa Alternatif Desain
Setelah Anda mengetahui keinginan klien, buatlah beberapa desain yang sesuai dengan keinginan klien, membuat 2 atau 3 alternatif tampilan lebih baik dari pada satu tampilan. Pada desain alternatif yang Anda buat, anda dapat menambahkan modifikasi-modifikasi yang akan membuat desain alternatif berbeda satu sama lain.

Setelah selesai, perlihatkan pada klien dan biarkan ia memilih desain yang sesuai dengan seleranya. Ceritakanlah pendapat Anda mengenai masing-masing desain, misalnya dari segi navigasi, tata letak, kombinasi warna, dan lain-lain. Hal ini dapat membantu klien dalam mengambil keputusan untuk memilih salah satu desain yang Anda buat.

Sikapilah dengan bijak perubahan yang ia inginkan
Setelah desain siap di publish, tanyakan kembali apakah tampilan yang telah Anda buat sudah tetap atau apakah klien ingin mengadakan perubahan. Sikapilah dengan bijak dan sabar akan perubahan-perubahan yang ingin klien lakukan terhadap desain yang telah Anda buat. Siasati setiap perubahan yang klien inginkan agar tampilan tidak kacau, malah sebaliknya, buat perubahan tersebut supaya tampilan menjadi lebih baik.

Tepati Tenggat Waktu Pembuatan, Tenggat waktu telah disepakati sebelumnya.
Maka kewajiban Anda adalah menyelesaikan desain tepat pada batas waktu yang disepakati. Hal ini akan memberikan kesan bahwa Anda serius dalam mengerjakan pesanan yang klien minta kepada Anda.

Berikanlah Garansi
Setelah desain situs selesai dibuat, katakan kepada klien Anda bahwa ia masih dapat merevisi tampilan sampai dengan jangka waktu yang Anda tentukan atau disepakati bersama klien. Bila deal dengan klien tertuang dalam sebuah surat perjanjian, cantumkan poin garansi dan tenggat waktu garansi dari desain yang telah dibuat.

Bila Anda melayani klien dengan baik dan mereka sangat terkesan dengan pekerjaan Anda, maka percayalah, proyek desain selanjutnya akan jatuh ketangan Anda.

The Future of Advertising

Kalau internet telah mempengaruhi hidup kita sedemikian jauh, apakah internet juga akan mempengaruhi masa depan iklan ? Begitu pertanyaan yang dilayangkan seorang pembaca kepada saya lewat e-mail belum lama ini.

Saya sempat tertegun menerima pertanyaan seperti itu. Yang pasti, meledaknya bisnis dot.com lima tahun lalu memang telah membuat banyak terobosan baru tentang dunia periklanan.
Seorang praktisi periklanan belum lama ini mendongeng kepada saya tentang teknologi yang mungkin tak lama lagi akan kita nikmati.

Teknologi itu bernama broadband, yang memungkinkan kita menonton televisi lewat internet. Bila hal ini terjadi maka ongkos operasional TV akan menjadi sangat murah mengingat saat ini perusahaan TV harus mengeluarkan banyak biaya untuk membangun infrastuktur mahal seperti jaringan antena pemancar.

Salah satu TV kabel Indonesia, Q Channel, kini mulai melakukan streaming programnya lewat internet yang membuat Q Channel dapat ditonton semua pemirsa di seluruh dunia. Hanya saja, jika Anda menontonnya lewat jalur internet biasa, kualitas suara dan gambarnya masih tersendat-sendat, persis pipa ledeng yang macet.

Hal ini akan berbeda jika Anda menontonnya lewat saluran internet broadband. Gambarnya akan bagus sekali. Di masa mendatang, di mana teknologi broadband semakin maju, pemancaran televisi lewat saluran internet akan menjadi sebuah realita yang bukan omong kosong.

Lalu apa bedanya ? Internet memiliki satu keunggulan yang unik yaitu mass customization. Ketika menonton TV, setiap kali penayangan iklan Anda cenderung akan memindahkan saluran terutama jika Anda tidak menyukai iklannya. Hal ini tentunya akan menggangu efektivitas iklan tersebut disamping stasiun TV pun khawatir Anda akan memindahkan saluran di tengah suatu acara.

Di masa mendatang, TV yang disalurkan lewat Internet akan memiliki menu pilihan di mana Anda dapat memilih sendiri iklan yang disukai sehingga tidak perlu memindahkan saluran. Efektivitas iklan pun menjadi lebih tinggi. Sebuah konsep yang jelas-jelas sangat menarik bukan ? Inilah konsep baru yang namanya, Marketing Permisi, atau "Permission Marketing". Sebuah konsep pemasaran yang ditulis oleh Seth Godin yang pernah menjabat Vice President Marketing, dari Yahoo!

Menurut Godin, di masa mendatang kita harus permisi kepada konsumen terlebih dahulu, dan minta ijin kepada konsumen untuk menyampaikan sebuah pesan komunikasi iklan. Karena hubungan ini, berdasarkan ijin konsumen, maka jelas efektifitasnya akan menjadi sangat tinggi. Bukan tidak mungkin, di masa mendatang konsumen akan dibayar untuk menonton, membaca, ataupun mendengar sebuah iklan. Sekarang kalau Anda mendengar radio, sebenarnya banyak jingle iklan yang cukup indah dan enak didengar. Malah banyak jingle iklan yang dibuat berdasarkan lagu-lagu hit dunia.

Di masa mendatang, ada kemungkinan lagu-lagu iklan terkenal dapat di-download dari internet. Perusahaan-perusahaan iklan mungkin akan menyediakan cd gratis yang berisi kompilasi lagu-lagu iklan terkenal. Sehingga Anda tidak lagi perlu membeli cd untuk musik di mobil atau dirumah. Lumayan bukan?

Banyak situs internet juga menawarkan screen saver yang unik untuk komputer Anda. Semuanya kebanyakan berisi iklan. Favorit saya adalah screensaver yang berasal dari promosi-promosi iklan film block buster yang sedang hit. Di lap-top saya saat ini, saya menggunakan screen saver dari film Mission Impossible II yang saya anggap sangat keren.

Produk-produk bermerek dunia seperti Coca Cola juga memiliki screen saver yang keren-keren. Anda juga mungkin berminat menciptakan screen saver yang keren dari produk Anda. Lalu Anda bisa mendistribusikannya cuma-cuma kepada seluruh klien Anda. Bila screen saver Anda cukup menarik, niscaya Anda akan mendapatkan permisi dari konsumen Anda, dan mereka akan memasangnya di komputer mereka masing-masing. Sebuah mekanisme iklan yang efektif sekali.

Bentuk iklan lainnya di masa mendatang adalah iklan dalam bentuk video game atau internet game. Menurut majalah Red Herring 20 Maret 2001, tak kurang dari 25 juta konsumen saat ini sudah aktif memainkan internet game. Saya sendiri sudah mencoba video game dari Pepsi yang disebut ’Pepsi Man’ yang cukup asyik. Situs-situs internet di masa mendatang akan menawarkan pula berbagai aneka permainan internet yang gratis yang semuanya merupakan bentuk-bentuk kreatif iklan di masa mendatang.

Bukan mustahil di masa mendatang Hollywood akan membuat film cerita yang panjangnya 2 jam namun isinya iklan semua, namun dikemas dengan sangat menarik persis seperti film cerita yang biasa. Pokoknya iklan-iklan di masa mendatang akan semakin kreatif dan tingkat interaktifnya dengan internet akan semakin tinggi.

Tips dan Trik dalam Mendesain Web

Sering kita temui website yang tipikal: "Welcome to my homepage," animasi e-mail, background dengan tulisan miring (diagonal), animasi garis pembatas, tabel dengan border tiga-dimesi dan lain-lain. Hal ini terjadi akibat dari fasilitas Template yang disediakan oleh software pembuat web seperti: FrontpageT, Corel WebDesignerT, dan sebagainya yang ditujukan untuk mempermudah penggunanya dalam membangun website.
Jika anda puas dengan hasil kerja anda membangun website dengan fasilitas template, sudahlah cukup sampai disini. Tetapi jika anda tidak puas dengan apa yang anda buat, dan anda merasa ingin lebih baik, maka anda perlu mengetahui bagaimana Web Designer membangun suatu Website, terlepas anda punya bakat seni atau tidak.

Unik
Dalam membuat karya apapun seorang designer mempunyai kesadaran untuk tidak meniru atau menggunakan karya orang lain. Begitu pula seorang Web Designer harus mempunyai budaya malu untuk menggunakan icon, animasi, button, dll, yang telah digunakan atau dibuat oleh orang lain.

Komposisi
Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya. Pergunakan selalu Palette 216 WebColor, yang dapat diperoleh dari Adobe.com, hal ini untuk mencegah terjadinya dither pada image yang berformat GIF. Dalam membangun website suatu perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan dengan Corporate Color perusahaan tersebut. Sebagai contoh: Telkom Corporate Color-nya adalah biru, Coca-Cola : merah dan putih, Standard-Chartered : hijau dan biru, dsb. Untuk kemudian warna-warna tadi digunakan sebagai warna dominan atau sebagai elemen pendukung (garis, background, button, dsb).

Simple
Web Designer banyak yang menggunakan prinsip "Keep it Simple", hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif.

Semiotik
Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti. Sebagai contoh: Jangan membuat gambar/image yang berkesan tombol, padahal itu bukan tombol/ link.

Ergonomis
Web Designer selalu memperhatikan aspek ergonomi. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi adalah Informatif.

Fokus
Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user/audience untuk menentukan pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca/ dilihat.

Konsisten
Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi. Sesuaikan jenis huruf yang digunakan dengan misi dan visi website tersebut, misalnya: hindari menggunakan font Comic dalam membangun website suatu perusahaan resmi.

Demikian beberapa aspek dan prinsip yang digunakan Web Designer dalam membuat website, selebihnya merupakan ekspresi dari pembuat website itu sendiri yang terwujud dalam penggayaan penyusunan website.
Software-software pembuat suatu website
Desain : Untuk membuat desain suatu homepage biasanya para web designer dimulai dengan software ini sebagai tampilan sementara atau dalam membuat layout homepage.

1. Adobe Photoshop : Desain berbasis titik ( bitmap )
2. Adobe Image Ready : Memotong gambar-gambar ke dalam format html
3. Adobe Illustrator : Desain berbasis vector
4. CorelDraw : Desain berbasis vector
5. Macromedia Freehand : Desain berbasis vector

Efek Desain : Hal ini dilakukan untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang. Seperti menambah efek cahaya, textur dan manipulasi teks.
1. Macromedia Firework : Efek teks
2. Painter : Memberikan efek lukisan
3. Ulead Photo Impact : Efek frame dan merancangan icon yang cantik.
4. Plugins Photoshop : Seperti Andromeda, Alien Skin, Eye Candy, Kai's Power Tool dan Xenofex juga sangat mendukung untuk memberi efek desain sewaktu anda mendesain layout homepage di Photoshop.

Animasi : Penambahan animasi perlu untuk membuat homepage agar kelihatan menarik dan hidup.
1. 3D Studio Max : Untuk membuat objek dan animasi 3D.
2. Gif Construction Set : Membuat animasi file gif
3. Macromedia Flash : Menampilkan animasi berbasis vector yang berukuran kecil.
4. Microsoft Gif Animator : Membuat animasi file gif
5. Swift 3D : Merancang animasi 3D dengan format file FLASH.
6. Swish : Membuat berbagai macam efek text dengan format file FLASH.
7. Ulead Cool 3D : Membuat animasi efek text 3D.

Web Editor : Menyatukan keseluruhan gambar dan tata letak desain, animasi, mengisi halaman web dengan teks dan sedikit bahasa script.
1. Alaire Homesite
2. Cold Fusion
3. Microsoft Frontpage
4. Macromedia Dreamweaver
5. Net Object Fusion

Programming : Hal ini dilakukan setelah sebagian besar desain homepage telah rampung. Programming bertugas sebagai akses database, form isian dan membuat web lebih interaktif. Contoh : Membuat guestbook, Form isian, Forum, Chatting, Portal, Lelang dan Iklanbaris.
1. ASP ( Active Server Page )
2. Borland Delphy
3. CGI ( Common Gateway Interface )
4. PHP
5. Perl

Upload : File html kita perlu di letakkan ( upload ) di suatu tempat ( hosting ) agar orang di seluruh dunia dapat melihat homepage kita.
1. Bullet FTP
2. Cute FTP
3. WS-FTP
4. Macromedia Dreamweaver : dengan fasilitas Site FTP
5. Microsoft Frontpage : dengan fasilitas Publish

Sound Editor : Homepage kita belum hidup tanpa musik. Untuk mengedit file midi atau wav, perlu alat khusus untuk itu.
1. Sound Forge : Mengedit dan menambah efek file yang berformat mp3 dan wav.
2. Cakewalk : Mengedit dan menambah efek untuk file yang berformat midi

Banyak sekali memang software untuk membuat suatu homepage dan kita tidak perlu mempelajari semua software tersebut di atas. Tapi untuk mempermudah, bagi pemula lebih baik dimulai terlebih dulu dengan mempelajari software Microsoft Frontpage atau Macromedia Dreamweaver agar lebih mengenal aturan-aturan membuat homepage dan mengenal bahasa html. Setelah itu baru Adobe Photoshop yang dipakai kebanyakan para desainer.

Stiker Sebagai Media Komunikasi

FUNGSI
Stiker kerap kali digunakan sebagai salah satu dari sekian banyak media komunikasi. Ini bukan saja dilakukan oleh industri komersial (sebagai reklame produk atau corporate), melainkan juga organisasi non bisnis, seperti pemerintah, LSM, organisasi kecil (OSIS dll), bahkan belakangan partai-partai memanfaatkan media ini.

Pesan yang ditampilkan pun sangat beragam. Mulai dari nama produk, organisasi, sampai dengan kalimat himbauan, ajakan, petunjuk-petunjuk tertentu, dan bahkan ada yang menyertakan gambar-gambat tertentu.

Kendati begitu beragam bentuk dan pesan yang muncul, setidaknya, sebagai media komunikasi stiker mempunyai fungsi atau manfaat berikut:

  1. Mengkomunikasikan citra suatu organisasi (Nama, logo, atau bahkan corporate colour) – biasanya dalam rangka membangun citra.
  2. Mengkomunikasikan pesan-pesan tertentu seperti: ajakan, himbauan, perintah, penolakan, petunjuk-petunjuk, atau semboyan, yel, jargon.
  3. Mengkomunikasikan foto atau image tertentu: tokoh, binatang, buah-buahan dan lain-lain.


PESAN
Seberapa efektif sebuah stiker mendukung tujuan sangatlah bergantung pada beberapa hal:

Penampilan

  1. Stiker harus menarik mata (eye-catching). Hanya dengan ini, mata seseorang akan dialihkan perhatiannnya. Apalagi, stiker sering ditempatkan di tempat yang bergerak dan di tempat umum. Untuk mewujudkan desain yang menarik, pengetahuann dasar tentang desain grafis harus dimiliki. Jangan segan-segan berkonsultasi dengan desainer grafis.
  2. Ukuran stiker harus optimum: cukup besar agar dapat dibaca dengan baik, atau cukup kecil hingga mudah dibawa-bawa dan ditempelkan.
  3. Kualitas cetakan harus baik, tidak menyilaukan, dan tidak gampang sobek.


Awet dan Terjangkau

  1. Pembuat stiker harus mengenal betul sasaran pembaca (khalayak sasaran). Sebab, hanya dengan mengenal secara baik siapa yang menjadi sasaran sajalah, maka stiker bisa efektif. Prinsipnya, tempelkan stiker di tempat yang pasti atau biasa terlihat oleh sasaran kita. Jangan menempelkan stiker "STOP BBM, GUNAKAN BBG" di lemari kamar kita.
  2. Gunakan bahan yang cukup awet sehingga menjamin keberlangsungan kampanye kita. Misalnya, pemilu belum usai, tetapi stiker sudah lapuk terkena air hujan dan sinar matahari. Jika perlu laminasi stiker anda dengan bahan yang tahan air dan sinar ultra violet. (percetakan dapat mengerjakannya).


Bahasa

  1. To the point. Langsung dan hanya mengenai pokoknya saja.
  2. Singkat, jelas dan akurat. Jangan bertele-tele menggunakan bahasa. Orang hanya membaca stiker secara sekilas. (Ingat stiker dipasang di outdoor dalam situasi sang pembaca relatif bergerak).
  3. Mudah. Artinya, sesuaikan dengan tingkat intelektualitas dan wawasan khalayak sasaran kita. Jangan membunuh lalat dengan senapan.
  4. Identitas penerbit tidak selalu perlu ditampilkan. Mengapa? Ini akan menimbulkan bias yang seringkali tidak menguntungkan. Biarkan khalayak sasaran memperoleh pesan dengan baik, tanpa harus mengetahui siapa yang mengajaknya. Perlu diingat identitas organisai kerap disikapi apriori oleh masyarakrat. 'THE SONG NOT THE SINGER'. Toh stiker tidak dapat berdiri sendiri. Ia harus merupakan bagian dari strategi kampanye yang menyeluruh. Satu media komunikasi dengan media yang lain harus saling mendukung, demikian juga stiker harus mendapat dukungan dari strategi kampanye secara keseluruhan.

Situs Web "Cantik Namun Bisu!"

Pernahkah Anda pergi ke suatu showroom yang megah dan canggih namun tidak ada salesman atau pramuniaga penjualannya?
Keadaan itulah yang mencerminkan kondisi situs web sekarang ini. Indah, cantik, memukau secara desain grafis dan animasi namun tidak dapat menjual.
Secanggih apa pun isi interior suatu showroom, ya tetap showroom dan tetap tidak bernyawa, Secantik apa pun suatu situs web ya tetap situs web, ya tetap tidak bernyawa.

Karena itu agar suatu penjualan dapat terjadi, harus ada pramuniaganya, ya harus ada salesman-nya. Begitu juga, brosur yang cantik, ya tetap brosur. Tanpa seorang salesman dan pramuniaga penjualan, brosur saja tidak dapat menjual, apalagi Anda menjual produk-produk yang banyak dan mudah dijumpai di pasar offline, dan harga tidak menjadi masalah bagi para konsumen.

Itulah sebabnya banyak perusahaan mau menggaji mahal salesman atau pramuniaga penjualan yang komunikatif dan emosional serta yang berbicaranya menyebabkan para konsumen terhipnotis, jadi bukan CANTIKNYA, bukan? Tapi bicaranya, komunikasinya yang membangun kepercayaan dan emosional.

Karena itu Anda pun harus memiliki salesman atau pramuniaga di situs web Anda. Bagaimana? Yaitu dengan memasukkan e-salesman dalam bentuk "Sales Copy" untuk masing-masing produk atau jasa yang Anda jual.
Kecuali bisnis Anda dalam bidang desain web, maka yang paling menentukan dalam bidang penjualan online adalah kata-kata penjualan yang menghipnotis dalam bentuk "Sales Copy".

Landing Pages yang Emosional dan Efektif
Bayangkan Anda telah mempromosikan toko Anda sedemikian rupa dengan biaya promosi yang mahal dan pengunjung banyak namun tidak ada salesman atau pramuniaga penjualan yang kompeten, apakah akan menghasilkan penjualan?
Yang jelas Anda rugi, kalaupun berhasil menjual, untung yang diperoleh tidak sesuai dengan biaya promosi, bukan?
Halnya pun sama, Anda telah mempromosikan situs web, namun setelah para target konsumen datang ke situs web Anda, Situs web tersebut tidak bisa MENANGKAP pengunjung dan tidak memberikan halaman web yang "experiential" dan emosional.
Hal ini benar-benar memboroskan investasi promosi dan biaya membangun situs web yang cantik dan menyia-nyiakan calon pelanggan.

Sebab itu kegagalan melakukan dan mengembangkan halaman web yang "experiential" maka kegagalan dalam hal strategi bisnis online suatu perusahaan.

Skill Desainer Web

Pada dasarnya desain Web sama seperti desain perwajahan lainnya. Hal yang membedakan adalah media yang dipergunakan. Dalam hal kemampuan (skill) pun demikian, hingga banyak orang yang menyimpulkan bahwa desain Web itu sama dengan desain Grafis.

Untuk menjadi seorang desainer Web, hal-hal yang harus Anda kuasai dan pahami adalah:

HTML
HTML adalah bahasa pergaulan yang dipergunakan untuk melayout sebuah halaman Web. Jadi jelaslah bahwa pengetahuan Anda tentang HTML mutlak diperlukan. Terlepas kini terdapat Editor HTML WYSIWYG atau Editor HTML Visual, pengetahuan tentang dasar dan prinsip penggunaan HTML akan sangat diperlukan. Software: Dreamweaver, Frontpage, GoLive, HTMLDog, dan lain-lain.

CSS
CSS adalah alat untuk memformat halaman Web, berbeda dengan HTML, CSS lebih memfokuskan kepada "bagaimana HTML itu ditampilkan".
Software: Dreamweaver, Frontpage, dll.

Editor Grafis
Dalam membuat sebuah situs Web, kita tidak terlepas dari pengolahan grafis untuk membuat sebuah halaman Web yang sesuai dengan keinginan. Pengolahan gambar, bahkan elemen desain lainnya dapat Anda buat dengan editor grafis. Dengan menguasai program editor grafis, Anda bahkan dapat membuat sketsa desain sebelm diiumplementasikan ke dalam HTML.
Software: Photoshop, Fireworks, Paint Shop Pro, The GIMP, dll.

Animasi Web
Animasi Web sangat diperlukan ketika Anda membuat sebuah banner atau animasi lainnya.
Software: Flash, Image Ready, Fireworks.
Anda tidak perlu menguasai semua software yang tertera diatas, cukup satu software saja setiap kemampuan yang ingin Anda kembangkan.

Situs Atau Produk Dulu?

"Website itu tidak menjamin naiknya keuntungan perusahaan". Begitulah kira-kira pesan yang tertangkap dalam seminar E-Commerce pada bulan Agustus 1999 lalu yang dibawakan oleh Hermawan Kartajaya. "Website itu lebih pada "humas" yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan perusahaan".

Orang mulai membatasi aktivitas ke luar negeri yang mahal dan melelahkan demi bertemu rekan bisnisnya. Cukup dengan website segala urusan menjadi beres. Rekan kerja tahu produk kita secara gampang lewat internet, kita pun bisa saling kontak secara teratur lewat e-mail atau media online lainnya. Website itu baru bisa efektif menjabat sebagai humas perusahaan bilamana telah diperkenalkan dulu kepada orang lain. Apabila tidak ya jadi mubajir. Tidak akan ada orang yang tahu. Yang tahu mungkin webmaster dan orang-orang di sekitar perusahaan. Seperti membuat kue namun tidak disebar di warung-warung, akibatnya kue itu harus dimakan sendiri sebelum menjadi basi. Atau membikin katalog dalam bentuk brosur namun akhirnya hanya disimpan di lemari.

Internet itu sendiri dapat dibayangkan sebagai mega perpustakaan yang di dalamnya tersimpan puluhan juta buku-buku. Ada yang tebal dan dikarang orang terkenal dan banyak pula yang gurem. Ibaratnya, Anda sedang meletakkan buku tipis di antara jutaan buku itu. Tanpa katalog, buku tipis Anda tersebut akan sulit dicari orang. Saya justru heran mengapa orang jarang yang dengar situs YLKI, Gudang Garam, Perpustakaan Nasional, dan lembaga lain yang peranannya tinggi di masyarakat. Apakah mereka punya atau tidak, itu kurang jelas karena sulit mencari publikasi tersebut. Dalam bidang marketing sendiri iklan itu merupakan salah satu bentuk atau cara untuk mengimplementasikan komunikasi pemasaran. Ada banyak media yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk memperkenalkan situs.

Seperti search engine, iklan mini, banner exchange, atau milist. Dengan Search Engine Anda memanfaatkan keyword untuk mencari sebuah situs. Situs yang mengandung keyword tersebut akan ditampilkan di mesin pencari itu. Keyword itu sendiri tersimpan dalam script HTML. Anda tidak boleh menulis banyak keyword dalam situs Anda. Logikanya, apabila disisipi banyak keyword maka rasio ditemukannya situs Anda menjadi lebih besar. Tapi terkadang penyedia jasa search engine seperti Altavista akan menolak keyword yang terlampau banyak apalagi tak ada hubungannya dengan situs itu.

Misalnya saja, situs kerajinan diberi keyword "seksi". Akibatnya, situs itu tak bisa masuk database. Menulis keyword ada baiknya apabila urut. Anda bisa melakukan teknik brainstorming untuk mencari keyword yang pas. Sebagai contoh, situs Anda bergerak di bidang kerajinan. Lantas, Anda tulis apa saja yang ada di otak Anda yang berhubungan dengan kerajinan, seperti "art, antique, antik, batik, botique, ..." Apa saja yang terbayang di otak segera ditulis sebelum lupa. Anda bisa menggunakan MS Word untuk mengurutkan keyword yang masih acak.

Iklan mini lebih bebas sebab Anda bisa menawarkan produk dan jasa langsung pada situs mereka dan pengunjung pun bisa diarahkan ke situs Anda. Beberapa iklan mini seperti Iklan Baris tidak memperkenankan adanya iklan yang sama pada saat yang sama pula. Artinya, satu jenis penawaran harus diposting 1 kali dalam jangka waktu tertentu. Situs lain seperti iklan 25.Co.Id atau Iklan Mini.Com lebih luwes. Anda bisa langsung memasukkan iklan dalam 3 kategori yang sesuai.

Banner Exchange, atau sering juga LinkExchange, lain lagi. Prinsip promosi ini adalah ingin membuat semacam ring agar para anggota selalu terjamin publikasinya. Modelnya, pada situs Anda ditempeli Banner milik situs penyedia jasa layanan Banner Exchange dan sebagai imbalannya alamat situs Anda dimasukkan dalam database mereka. Apabila Banner tersebut diklik orang lain maka ada kemungkinan orang itu akan dibawa ke situs Anda. Sangat menarik namun terkadang kurang efektif. Bagi Anda yang sangat mengedepankan seni grafis pada situs, maka Banner yang ukurannya tergolong besar itu terkadang mengganggu penampilan. Banner yang kurang terpromosi akan semakin ruwet juga permasalahannya. Apabila situs Anda lebih populer daripada situs penyedia Banner Exchange itu maka yang terjadi justru sebaliknya. Situs Anda yang mempromosikan Banner itu dan bukannya sebaliknya!

Cara yang paling gampang namun harus hati-hati adalah lewat milist. Banyak sekali milist yang memang diarahkan untuk tujuan promosi seperti mitrabisnis@egroups.com, indoiklan@egroups.com, iklan-min@egroups.com, dan banyak lagi. Mengapa harus hati-hati? Terkadang orang lain tidak suka e-mail dalam format HTML dan mereka inginnya yang plain-text saja. Wajar, sebab dalam format HTML waktu download e-mail menjadi lebih lama sebab ukurannya berlipat dibanding plain-text. Akibatnya, Anda akan kesulitan berpromosi dengan gambar atau desain-desain yang aneh. Cukup permainan kata-kata saja.

Posting e-mail penawaran yang bertubi-tubi dalam jangka waktu yang amat singkat sangat potensial untuk mengundang cercaan orang lain, sebab dirasa tidak tahu diri dan membosankan. Memang bisa efektif dengan cara itu sebab orang akan selalu ingat. Namun, nama baik perusahaan justru terancam. Mengirim penawaran produk ke milist yang salah juga mengundang kritikan tajam. Misalnya, Anda tawarkan buku perjuangan ke milist citradewi@egroups.com akan sangat tidak pas. Mengenai content dari iklan itu tergantung Anda dan pintar-pintarnya marketing. Yang penting menarik dan dinamis.

Beberapa situs kerajinan, seperti Malioboro Crafts.Com yang saya tangani, justru menghindari pencantuman harga pada setiap produk pada situsnya. Alasannya, "Biar para customer tanya langsung, dan kalau beli banyak ada diskonnya". Selain itu, dengan menyembunyikan harga competitor tidak bisa mengintip peta kekuatan dengan membanding-bandingkan harga. Jadi, situs itu tidak menjamin perusahaan Anda langsung go-internasional. Terlebih dulu dipublikasikan sebelum meluncur ke pasaran dunia.